Jenis dan Sentra Budidaya Ikan Mas di Indonesia

Ikan mas adalah jenis ikan konsumsi air tawar. Ciri, badan panjang pipih ke samping dan lunak. Ikan mas telah dipelihara sejak tahun 475 sebelum masehi di Cina. Di Indonesia ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920. Ikan mas di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Ikan mas Punten dan Majalaya merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdapat 10 ikan mas diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Sentra Budidaya Ikan Masa di Indonesia

Budidaya ikan mas telah berkembang pesat di kolam biasa, sawah, waduk, sungai air deras, bahkan ada yang dipelihara dalam keramba pada perairan umum. Adapun sentra produksi ikan mas di Indonesia adalah: Ciamis, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Garut, Bandung, Cianjur, Purwakarta

Jenis Ikan Mas

Jenis Ikan Mas

Kelas : Osteichthyes
Anak kelas : Actinopterygii
Bangsa : Cypriniformes
Suku : Cyprinidae
Marga : Cyprinus
Jenis : Cyprinus carpio L.

Saat ini ikan mas mempunyai banyak ras atau stain. Perbedaan sifat dan ciri dari ras disebabkan oleh adanya interaksi antara genotipe dan lingkungan kolam, musim dan cara pemeliharaan ini terlihat dari penampilan bentuk fisik dan dan warna. Adapun ciri-ciri dari beberapa strain ikan mas adalah sebagai berikut:

1. Ikan mas punten
Sisik warna hijau gelap; potongan badan paling pendek; bagian punggung tinggi melebar; mata agak menonjol; gerakan gesit; perbandingan antara panjang badan dan tinggi antara 2,3:1.
2. Ikan mas majalaya
Sisik warna hijau keabu-abuan dengan tepi sisik lebih gelap; punggung tinggi; badan relatif pendek; gerakan lamban, bila diberi makanan suka berenang di permukaan air; perbandingan panjang badan dengan tinggi antara 3,2:1.
3. Ikan mas si nyonya
Sisik warna kuning muda; badan relatif panjang; mata waktu muda tidak menonjol, sedangkan setelah dewasa sipit; gerakan lamban, lebih suka berada di permukaan air; perbandingan panjang badan dengan tinggi antara 3,6:1.
4. Ikan mas taiwan
Sisik warna hijau kekuning-kuningan; badan relatif panjang; penampang punggung membulat; mata agak menonjol; gerakan lebih gesit dan aktif; perbandingan panjang badan dengan tinggi antara 3,5:1.
5. Ikan mas koi
Bentuk badan bulat panjang dan bersisisk penuh; warna sisik bermacam-macam seperti putih, kuning, merah menyala, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Beberapa ras koi adalah long tail Indonesian carp, long tail platinm nishikigoi, platinum nishikigoi, long tail shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku hishikigoi, lonh tail hishikigoi, taishusanshoku nshikigoi dan long tail taishusanshoku nishikigoi.

 Dari sekian banyak strain ikan mas, di Jawa Barat ikan mas punten kurang berkembang karena diduga orang Jawa Barat lebih menyukai ikan mas yang berbadan relatif panjang. Ikan mas majalaya termasuk jenis unggul yang banyak dibudidayakan.


Sumber : Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan, Bappenas. http ://amblogfree.blogspot.com/2010/03/budidaya-ikan-mas-cyprinus-carpio-l.html
First